CARA MENGATASI SEMBELIT

CARA MENGATASI SEMBELIT

Sembelit adalah gangguan kesehatan pada sistem pencernaan berupa sulit untuk melakukan buang air besar. Sembelit bisa disebabkan beberapa faktor. Sembelit biasanya mengakibatkan buang air besar menjadi tidak teratur misalnya seharusnya sehari sekali menjadi hanya tiga kali dalam seminggu. Tentu saja hal ini tidak baik untuk kesehatan tubuh. Sembelit ini dapat menyebabkan kondisi perut sakit dan terasa begah. Beberapa faktor yang mengakibatkan seseorang sembelit adalah kurangnya kandungan serat yang dikonsumsi, terlalu lama duduk, menunda BAB, kurangnya minum air putih dan banyak faktor lain. Sembelit tentu saja sangat mengganggu kegiatan yang kita lakukan. Sebab perut biasanya akan terasa mulas namun tidak bisa buang air besar. 

Tips Mengatasi Sembelit 

Sembelit memanglah sangat mengganggu aktivitas yang kita lakukan. Tak hanya itu, sembelit biasa memiliki gejala seperti nyeri pada perut, terasa kembung, kehilangan nafsu makan, buang air besar tidak teratur dan hal-hal lain. Tentu saja kita harus segera mengatasi hal ini, kamu bisa menggunakan obat atau memeriksakan ke dokter. Nah, bukankah lebih baik mencegah daripada mengobati. Kamu juga perlu mengonsumsi makanan-makanan yang sehat dan mengikuti pola hidup sehat. untuk itu, kita perlu mengatasi sembelit dengan tips di bawah ini:

  • Minum lebih banyak air

Tips pertama ini tentu saja dinilai manjur. Sebab dehidrasi bisa menyebabkan sembelit. Untuk itu, kita diharuskan mengonsumsi air putih paling tidak tiga liter per hari. Kamu tidak hanya mengatasi sembelit namun kamu bisa mendapatkan manfaat lain seperti menurunkan berat badan, melancarkan metabolisme dan juga manfaat lain. Namun kamu perlu tahu bahwa jika kamu tidak ingin sembelit kurangi lah dalam mengkonsumsi minuman bersoda dan minuman manis-manisan. 

  • Banyak mengonsumsi makanan berserat

Agar buang air besar lancar kamu bisa mengonsumsi makanan berserat agar tidak terjadi sembelit. Makanan berserat tersebut berfungsi untuk melancarkan pencernaan dan membuat tekstur feses menjadi lebih padat sehingga bisa mudah terdorong keluar dari usus. Makanan berserat tersebut dapat berupa jagung, alpukat, brokoli, tomat, kacang-kacangan, beras merah dan makanan lain. Sebaliknya jika tidak ingin mengalami sembelit sebaiknya mengurangi makanan-makanan yang berlemak, susu, lobak, kol dan juga lain-lain.

  • Lebih banyak berolahraga

Olahraga tidak hanya menyehatkan tubuh saja namun olahraga dapat membantu menyembuhkan sembelit. Sebab jika lebih sering tidak beraktivitas atau tidak banyak bergerak bakal mengakibatkan sembelit. Kamu bisa mencoba terlebih dahulu olahraga yang ringan seperti jogging, jalan kaki, berenang atau bersepeda. 

  • Memakan makanan probiotik

Makanan probiotik adalah makanan yang mengandung bakteri yang baik bagi usus. Makanan tersebut ternyata bisa dijadikan sebagai makanan atau minuman yang dapat menyembuhkan sembelit. Nah, makanan tersebut dapat berupa olahan-olahan fermentasi seperti tempe, yogurt, kol, kimchi dan juga tape. Kamu bisa memakannya secara rutin agar bisa cepat sembuh dari sembelit.

  • Memakan makanan prebiotic

Makanan prebiotic berbeda dengan makanan probiotik. Makanan ini adalah makanan yang banyak mengandung serat karbohidrat yang dapat dengan mudah dicerna oleh tubuh. Makanan tersebut dapat berupa bawang putih, bawang merah, pisang, daun bawang dan juga buncis. Tentu saja kamu harus mengonsumsi nya secara rutin agar mendapatkan hasil yang maksimal. 

Nah, itulah beberapa tips untuk mengatasi sembelit yang bisa mudah anda lakukan atau gunakan. Hal-hal tersebut tentu saja dapat menyembuhkan sembelit yang kamu alami dengan cara melakukannya atau mengonsumsi nya secara rutin.