IKAN LAUT YANG BIASA DI KONSUMSI

IKAN LAUT YANG BIASA DI KONSUMSI

Ikan laut termasuk ke dalam anggota makanan  4 pokok 5 sempurna. Ikan laut merupakan ikan yang sangat baik untuk dikonsumsi sebagai lauk pauk. Lauk pauk yang satu ini sangat mempunyai peran yang penting untuk proses pertumbuhan. Ikan laut memiliki kandungan nutrisi yang banyak. Seperti protein, mineral, asam lemak omega 3 dan juga vitamin k. Oleh karena itu selain dapat mendukung proses pertumbuhan lauk pauk yang satu ini juga sangat mendukung sistem kerja otak. Maka dari itu sekarang ini banyak orang tua yang mencarikan lauk pauk ikan lauk untuk anak-anaknya. Namun ikan laut ternyata banyak jenis-jenisnya. Tak hanya dari nama, bentuk rasa dan kandungan didalamnya pun berbeda. Untuk itu bagi anda yang ingin mengetahui  nama atau jenis ikan apa saja yang sering dikonsumsi orang-orang anda bisa membaca artikel ini sampai habis.

Jenis-Jenis Ikan Laut Yang Biasa Di Konsumsi

  • Ikan bandeng

Ikan bandeng merupakan salah satu dari jenis nama ikan laut. Ikan ini mempunyai ciri tubuh yang memanjang dan agak gepeng. Pangkal sirip dan dubur ikan ini ditutupi oleh sisik dan mempunyai warna hitam kehijauan juga agak silver di sisi samping bagian tubuhnya. Ikan laut yang satu ini mempunyai harga yang cukup terjangkau. Untuk anda yang ingin menggunakannya sebagai lauk. Anda bisa mencari ikan bandeng presto agar lebih mudah memakannya. Karena disana duri-durinya sudah dilunakkan sehingga anda tidak akan tersedak duri ikan.

  • Ikan tongkol

Mungkin sebagian besar orang sulit untuk membedakan ikan tongkol dengan ikan bandeng.  Karena biasanya kedua ikan ini di jual bersamaan dan cara menempatkannya juga sama. Yaitu di letaklkan di wadah kotak anyaman bambu dan di alasi koran. Meski begitu kedua ikan ini mempunyai ciri fisik yang sangat berbeda. Ikan tongkol mempunyai ciri tubuh  berukuran sedang yang memanjang namun tidak gepeng. Ikan laut yang satu ini memiliki dua sirip di punggung yang di pisahkan oleh dua celah. Yang menjadi ciri khas ikan ini yaitu mempunyai belang hjitam yang agak miring di bagian tubuhnya. Untuk duri ikan ini lebih sedikit di bandingkan dengan duri ikan bandeng.

  • Ikan tuna

Ikan tuna merupakan ikan yang sangat dicari-cari oleh para ibu ketika di pasar. Meskipun harga ikan ini lebih mahal jika di bandingkan harga kedua ikan di atas. Namun kandungan nutrisi dari ikan ini lebih besar. Ikan tuna biasanya digunakan untuk membuat makanan seperti siomay atau pempek. Ikan yang ini memiliki ciri tubuh seperti cerutu. Ikan ini juga memiliki sirip sirip punggung. Yang terletak di depan agak pendek dan yang belakang. Daging ikan tuna berbeda dengan kebanyakan ikan laut lainya. Jika kebanyakan ikan laut memiliki daging berwarna putih. Ikan ini mempunyai daging yang berwarna kemerahan.

  • Ikan teri

Ikan ini merupakan ikan laut yang berukuran mini. Meski begitu ikan laut yang satu ini memiliki nutrisi yang sangat kaya. Seperti kian laut yang lain. Ikan ini memiliki kandungan protein, mineral zat besi, dan kalium. Namun ternyata masih ada nutrisi lain yang bisa di dapatkan di dalam ikan kecil ini. Yaitu fosfor, magnesium , zinc vitamin A, vitamin E dan lainnya. Yang tentunya jika dikonsumsi akan bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *