KENALI TANDA-TANDA KERUSAKAN PADA RAMBUT 

KENALI TANDA-TANDA KERUSAKAN PADA RAMBUT 

Mempunyai rambut yang rusak ataupun tidak sehat memanglah suatu hal yang menyebalkan. Akan tetapi banyak orang yang tidak menyadari bahwa rambutnya telah mengalami kerusakan. Hal ini membuat solusi perawatannya menjadi terlambat untuk dilakukan. Kerusakan rambut dapat terjadi akibat beberapa hal, seperti paparan sinar matahari. Penggunaan produk untuk rambut dan alat pengering rambut, hingga cara merawat rambut yang salah. Beberapa orang baru menyadari bahwa rambutnya mengalami kerusakan ketika sudah mulai parah. Untuk mencegah hal tersebut, anda perlu mengenali tanda-tanda kerusakan rambut. 

Tanda-Tanda Rambut Yang Rusak

rambut rusak bisa diketahui berdasarkan perubahan warna, kelembaban serta kekuatan rambut. Untuk mengetahuinya, berikut ini adalah beberapa tanda-tanda rambut rusak yang perlu anda perhatikan. Diantaranya sebagai berikut:

  • Rambut mudah kusut

Salah satu tanda rambut rusak yang mudah dikenali adalah rambut yang mudah kusut. Hal ini diakibatkan karena lapisan kutikula pada rambut mengalami kerusakan. Hal ini bisa disebabkan karena kurangnya kelembaban pada rambut. Kurangnya kelembaban membuat helai rambut menjadi sulit lepas ketika disisir. Yang akhirnya menyebabkan rambut rontok dan tidak tertata.

  • Rambut kering dan tampak kusam

Tanda berikutnya yang sering muncul saat rambut rusak adalah terasa kering dan tampak kusam. Hal ini terjadi karena hilangnya minyak alami pada rambut yang berfungsi untuk melembabkan rambut. Dan akhirnya rambut akan menjadi kering dan kilau pada rambut akan memudar. Berkurangnya minyak dapat dipengaruhi oleh beberapa hal, seperti keseringan keramas, mengecat rambut dan alat pengering rambut. 

  • Rambut mengembang

Kerusakan lapisan kutikula juga akan membuat rambut menjadi lebih kering, ringan dan mengembang. Rambut mengembang juga menjadi tanda-tanda kerusakan pada rambut. Hal ini membuat serat bagian dalam rambut mudah terpapar lingkungan luar secara langsung.  Yang mengakibatkan rambut menjadi lebih rentan terhadap kerusakan yang berkelanjutan. 

  • Rambut patah dan bercabang

Lapisan kutikula yang rusak, membuat kelenturan rambut berkurang sehingga menjadikan rambut mudah patah. rambut yang kering akan membuat ujung rambut menjadi bercabang dan mudah patah. Tanda kerusakan rambut ini bisa anda ketahui saat anda menyisir ataupun meluruskan dengan jari. Jika rambut anda banyak yang patah berarti rambut anda sudah mengalami kerusakan.

  • Rambut menipis

Menipisnya rambut merupakan tanda dari rambut rusak yang sudah berkepanjangan. Hal ini bisa anda lihat ketika beberapa daerah kulit kepala lebih banyak terlihat dari helai rambut. Hal ini bisa disebabkan karena kerontokan rambut yang sudah parah. Kerontokan rambut dapat disebabkan oleh beberapa faktor. Seperti salah menjaga rambut namun juga bisa terpengaruh akibat stres, pola makan yang tidak teratur, hingga faktor genetika. 

  • Perubahan warna rambut

Tanda kerusakan rambut yang satu ini bisa disebabkan oleh paparan sinar matahari. Rambut yang rusak biasanya berwarna lebih terang ketimbang rambut sehat, terutama di bagian ujung rambut. Perubahan warna rambut juga dapat dipengaruhi oleh penggunaan produk rambut. Seperti penggunaan sampo yang tidak cocok dan pewarnaan rambut. 

Nah itulah beberapa tanda kerusakan pada rambut yang harus anda ketahui. Dengan begitu anda bisa mengetahui ketika rambut anda mengalami kerusakan sebelum lebih parah. Rambut rusak merupakan satu masalah yang sering muncul, namun sulit untuk ditangani. Tanpa perawatan yang tepat, masalah rambut rusak akan menjadi lebih parah bahkan bisa sampai mengalami kebotakan. Sebisa mungkin hindari kebiasaan yang bisa merusak rambut. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *