KETAHUI MANFAAT BUAH BIT UNTUK KESEHATAN

Siapa yang tidak kenal dengan si merah dengan segudang nutrisi ini. Bagi anda yang seorang vegetarian atau suka dengan pola hidup sehat pasti sudah tidak asing lagi dengan buah yang satu ini. Buah bit atau dalam bahasa inggris disebut rootbeer ini merupakan buah yang masuk dalam spesies beta vulgaris. Dan sebenarnya buah bit ini bukan merupakan buah – buahan melainkan umbi – umbian. Buah bit ini satu spesies dengan umbi – umbian karena buah tumbuhan ini terdapat pada akarnya seperti ubi. Buah bit memiliki karakteristik tumbuhan dengan daun hijau dan akar buahnya berwarna merah gelap. Untuk mengkonsumsi buah bit dapat dilakukan dengan berbagai cara. Buah bit dapat dimakan secara langsung (sebagai campuran salad), direbus, dipanggang, dibuat keripik, di jus, dan lain – lain. Selain digunakan untuk bahan makanan, buah bit juga dapat digunakan untuk pewarna karena warna merahnya yang sangat kuat. Buah bit juga dipercaya sebagai tanaman untuk pengobatan. Pada abad pertengahan, Buah bit sudah digunakan untuk mengobati penyakit terutama penyakit pencernaan atau yang berhubungan dengan darah. Buah bit memiliki banyak  kandungan yang sangat menyehatkan bagi tubuh. Kandungan tersebut adalah karbohidrat, protein, serat, serta vitamin dan mineral seperti vitamin C, folat, kalium, magnesium, sodium, dan zat besi. Bit adalah buah yang rendah lemak dan kalori serta tidak mengandung kolesterol dan lemak jenuh. Sehingga anda bisa menambahkan buah bit dalam daftar menu sehat atau menu untuk diet anda. Pada artikel kali ini kami akan menjelaskan tentang apa saja manfaat dari buah yang satu ini. Mari kita simak penjelasannya di bawah ini:

  • Menurunkan Tekanan Darah

Dengan kandungan nitrat pada bit akan merubah zat nitrat dalam tubuh menjadi nitrat oksida yang dapat membantu penurunan tekanan darah. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa pigmen merah antosianin dan antioksidan yang ada dalam buah bit mampu mengurangi peradangan yang terkait dengan jantung.  Anda bisa mengkonsumsi buah bit dengan cara di jus dengan sedikit air dan tanpa gula. Konsumsi jus ini selama 3 kali seminggu untuk menjaga tekanan darah dan kesehatan jantung.

  • Baik Untuk Penderita Penyakit Diabetes

Kandungan antioksidan asam alpha – lipoic yang ada pada buah bit dipercaya mampu mencegah kerusakan sel dan saraf yang rusak pada penderita diabetes. Buah bit juga sudah terbukti dapat memperbaiki kadar gula secara signifikan. Buah ini juga memiliki kandungan asam nitrat yang berfungsi untuk meningkatkan fungsi kognitif tubuh untuk para pengidap diabetes. 

  • Membantu Diet dan Proses Penurunan Berat Badan

Karena buah bit adalah buah yang rendah lemak dan rendah kalori maka sangat cocok untuk anda jadikan menu diet. Buah bit juga memiliki kandungan serat yang sangat tinggi sehingga bisa mengurangi nafsu makan dan membuat kenyang lebih lama. Cara mengkonsumsinya sebagai menu diet sangatlah mudah buah bit bisa anda jadikan campuran jus atau campuran salad

  • Mencegah Kanker 

Kandungan zat antioksidan yang tinggi pada buah bit dipercaya bisa membantu pencegahan kanker. Pada penelitian dengan target hewan ekstrak buah bit mampu mengurangi pertumbuhan tumor pada hewan tersebut. Penelitian lain yang menggunakan sel manusia menemukan bahwa ternyata buah bit dapat mengurangi pertumbuhan sel kanker prostat dan payudara. Meskipun demikian bukti klinis mengenai buah bit dapat mengobati kanker ini masih terbatas dan belum dilakukan penelitian lebih lanjut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *