MAKANAN TRADISIONAL KHAS ACEH YANG MELEGENDA

Makanan merupakan kebutuhan manusia yang paling utama. Apalagi jika anda berlibur atau travelling ke luar kota maupun sekedar menghilangkan rasa penat. Tak heran jika makanan diburu saat anda travelling di suatu tempat tanpa mencoba makanan khas dari tempat tersebut. Provinsi aceh memiliki beragam budaya, alam, dan juga makanan khas Aceh. Kekayaan yang beragam, kekayaan ilmu pengetahuan kekayaan budaya dan agama yang tinggi. Kota aceh memiliki banyak keindahan alam, tak hanya pantai dan pulaunya yang indah, Serambi mekkah atau julukan kota Aceh terkenal dengan wisata kulinernya. Tak heran jika di kota Aceh ada banyak makanan tradisional khas Aceh.

Yuk, simak beragam makanan khas di kota Aceh:

  • Mie Aceh

Mie Aceh merupakan makanan khas kota Aceh. Mie Aceh ini disajikan dengan di goreng atau dengan kuah. Mie Aceh ini dapat disajikan dengan seafood atau daging.

  • Sate Matang

Sate matang merupakan makanan khas Aceh, yaitu daging kambing atau daging sapi. Sate matang ini di ungkep dengan bumbu khas Aceh kemudian di bakar. Sate matang dapat disajikan dengan kuah soto khas Aceh.

  • Gulai Kambing

Gulai kambing ini dimasak dengan bumbu asli khas Aceh. Gulai kambing yang dimasak menggunakan kuali besi besar dan penyajiannya selalu dalam keadaan panas. Kuah yang tidak kental, daging yang empuk serta tidak bau prengus.

  • Ayam Tangkap

Ayam tangkap ini berasal dari Aceh besar. Ayam yang digoreng bersama cabai hijau dan daun temuru atau daun kari. Hampir sama rasanya seperti ayam goreng pada umumnya. Aroma khas yang disajikan dengan cabai hijau dan daun temuru ini memberikan rasa sensasi yang berbeda.

  • Rujak Aceh Samalanga

Rujak Aceh ini memiliki cita rasa yang berbeda pada rujak umumnya. Rujak Aceh ini menggunakan buah yang berbeda. Yaitu buah khas rumbia Aceh yang disiram dengan bumbu rujak. Rujak Aceh ini sangat nikmat ketika dimakan dalam keadaan dingin atau di campur dengan es serut.

  • Martabak Aceh

Martabak Aceh ini mirip telur dadar pada umumnya. Namun tentu berbeda, lapisan luar berbahan roti cane. Dengan taburan bawang merah, cabai, dan kuah sambal. Martabak Aceh ini sangat cocok dinikmati dengan coffee.

  • Ungkot kemamah

Ungkot kemamah ini berbahan ikan tuna yang dikeringkan. Ikan kemamah ini dapat dimasak seperti bahan masakan santan, cabai hijau dan lainnya.

  • Kuah Sie Itek

Kuah sie itek ini merupakan olahan itik atau bebek. Cara memasak dan resep yang berbeda merupakan warisan turun temurun masyarakat Aceh.

  • Kuah Pilek U

Kuah pilek u ini merupakan olahan dengan berbagai macam sayuran. Makanan yang melambangkan kekerabatan dan keberagaman masyarakat Aceh yang tertuang dalam satu kuali. Menyantap kuah pilek u ini berarti telah menyantap seluruh sayuran yang ada di Aceh.

  • Kue Adee atau Bingkang

Kue adee ini memiliki tekstur lembut, legit, dan manis. Kue ini terbuat dari gula asli. Kue adee ini cocok untuk dinikmati bersama, bisa untuk oleh-oleh kerabat atau teman. 

  • Kue Timphan

Kue timphan ini berbahan dasar tepung ketan, pisang, dan santan. Dibuat memanjang kemudian diisi dengan srikaya atau kelapa parut yang dicampur gula. Kemudian dibungkus menggunakan daun pisang dan dikukus.

Nah, itulah beberapa makanan khas Aceh yang bisa anda cicipi ….

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *